Health

7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri

By Erwin |

Bau ketiak yang tidak sedap kerap dialami banyak orang. Tak peduli apa pun penyebabnya, bau ketiak sangat mengganggu baik bagi orang yang mengalaminya maupun yang menghirupnya. Namun, tak perlu khawatir, karena artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menghilangkan bau ketiak yang mengganggu. 

Dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id, bau ketiak dapat disebabkan oleh keringat berlebih dan bakteri di badan. Pada beberapa penderita, hal ini juga dapat disebabkan oleh obesitas, penyakit gula darah, benjolan pada ketiak, pengaruh makanan, dan konsumsi obat-obatan tertentu. 

7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri

Walaupun tidak tergolong sebagai penyakit, tetapi bau ketiak akan sangat tidak nyaman bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut adalah deretan cara menghilangkan bau ketiak:

1. Mandi secara Teratur

Cara pertama menghilangkan bau ketiak adalah menjaga kebersihan diri dengan mandi setidaknya satu-dua kali sehari menggunakan sabun antibakteri atau pembersih yang mengandung bahan antibau.   Bersihkan area ketiak dengan lembut dan pastikan untuk menghilangkan keringat dan kotoran yang dapat menyebabkan bau.

2. Gunakan Antiperspiran atau Deodoran

Selain mandi dengan sabun yang wangi, gunakan produk untuk kebersihan diri lainnya. Pilihlah produk yang mengandung antiperspiran atau deodoran untuk mengurangi produksi keringat dan menghilangkan bau ketiak. Selain itu, beberapa orang mengalami bau ketiak bukan karena tidak menjaga kebersihan diri, melainkan seperti efek pubertas. Produk-produk khusus tadi dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada ketiak. 

3. Jaga Kebersihan Pakaian

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengganti pakaian dan sering mencucinya, terutama pakaian dalam dan pakaian yang terkena keringat berlebih. Pastikan untuk mencuci pakaian dengan deterjen yang efektif dalam menghilangkan bau. Cara ini wajib dilakukan apalagi bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah dan mudah berkeringat. Karena bakteri dan keringat yang menumpuk pada pakaian merupakan salah satu penyebab bau ketiak. 

4. Hindari Makanan yang Memicu Bau Tubuh 

Beberapa makanan dan minuman ternyata dapat menyebabkan bau ketiak, contohnya: bawang putih, bawang merah, cabai, alkohol, bawang bombai, jengkol dan makanan pedas. Mengurangi konsumsi makanan ini dapat membantu mengurangi bau ketiak. Jika Anda baru saja mengonsumsi jengkol, maka baunya dapat diatasi dengan minum kopi. Kafein dalam kopi memiliki sifat antioksidan dan dapat mempengaruhi aroma tubuh dengan baik.  

5. Gunakan Bahan Alami

Sejak dahulu, bahan alami adalah cara yang aman untuk mengatasi berbagai masalah dalam tubuh. Beberapa bahan alami seperti baking soda atau cuka sari apel dapat membantu mengurangi bau ketiak. Caranya adalah dengan mengoleskan baking soda atau cuka sari apel di area ketiak setelah mandi sebagai deodoran alami. 

Selain itu, ada juga daun sirih yang ampuh sebagai obat alami dari bau ketiak. Daun sirih memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau. Caranya cukup dengan mencuci daun sirih segar, lalu gosokkan ke area ketiak yang bersih. Diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

6. Hindari Stres dan Cemas Berlebihan

Kondisi emosional tertentu seperti stres dan kecemasan dapat memengaruhi hormon dan meningkatkan produksi keringat yang berkontribusi pada bau ketiak. Carilah cara untuk mengelola stres seperti dengan meditasi, olahraga ringan pada waktu luang, atau teknik relaksasi tertentu.  

7. Konsultasikan dengan Dokter

Jika bau ketiak tidak hilang sekalipun telah mencoba langkah-langkah di atas, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. Mungkin ada kondisi medis yang mendasarinya seperti infeksi atau gangguan kelenjar keringat. Itulah deretan cara menghilangkan bau ketiak yang sangat tidak nyaman. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki keunikan tubuh masing-masing, sehingga membutuhkan perawatan efektif yang mungkin bervariasi antar individu.  

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category