Health

Pola hidup sehat selama puasa yang membawa keuntungan ganda

By Erwin |

Meski puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan makan dan minum, namun juga menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa itu sendiri. Sekiranya puasa ramadhan selain menjaga hati dan sebagai latihan agar ibadah semakin membaik dengan memperbaiki hubungan dengan sang Khalik, namun juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh sesuai kebutuhan tubuh yang tiap orang akan berbeda-beda. Sehingga perlu untuk memperhatikan menu berbuka puasa sederhana namun padat kandungan yang memang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa bahasan seputar puasa:

  • Adaptasi tubuh terhadap pola hidup selama puasa

Jika kita membahas sisi kesehatan yang didapat bagi orang yang berpuasa, sangatlah banyak. Seperti tekanan darah menjadi terkontrol, kolesterol dan gula darah juga akan terjaga. Begitu pula dengan kesehatan seluruh organ tubuh hingga pencernaan akan sehat juga. 

Namun puasa bagaimana yang bisa membuahkan selain pahala namun juga badan yang sehat? Adalah puasa yang menjaga pola makan saat sahur dan berbuka. Pola makan sangat menentukan tercapainya badan yang sehat saat anda berpuasa. Karena puasa itu sendiri sudah ditentukan dari sang Khalik zat yang maha sempurna, bahwa akan berdampak sangat menyehatkan bagi tubuh bagi mereka yang benar-benar menjaga pola makan dan pola hidup seperti pola tidur selama menjalankan puasa.

Diet yang dijalankan berbarengan dengan puasa, juga akan menghasilkan diet yang sehat. Karena ada beberapa program diet yang justru membahayakan bagi tubuh bahkan menimbulkan masalah baru seperti munculnya penyakit maag dan lainnya. Karena asupan energy yang seharusnya diperlukan usia dewasa adalah 2100 kkal yang dibutuhkan tubuh baik itu kebutuhan selama puasa atau tidak. Ditunjang dengan  menu berbuka puasa yang sederhana dan tepat.

Pola tidur yang dilakukan dengan benar saat puasa juga sangat berperan. Seperti tidur di awal agar besok paginya terbangun sahur dengan segar. Juga adanya pola tidur siang yang meski hanya sebentar selama menjalankan puasa, juga sangat bermanfaat bagi pola hidup sehat. Karena jika bukan bulan puasa maka biasanya kita jarang sekali memperhatikan jam tidur siang meski hanya sebentar.

  • Persentase kebutuhan kandungan makanan selama puasa

Kita memulainya dengan kebutuhan tubuh akan makanan disaat berbuka. Disaat berbuka puasa, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah banyak. Setelah seharian organ tubuh tidak bereaksi dengan makanan yang masuk kedalam tubuh, maka saat berbuka mulailah dengan asupan sedikit terlebih dahulu seperti cukup mengkonsumsi kurma sebanyak 5 hingga 7 buah kurma saja. Sebelumnya dengan minum segelas air putih hangat.

Hal ini dikarenakan menu berbuka puasa yang sederhana ini, tanpa asupan makanan berat terlebih dahulu dapat menstimulasi usus bekerja dengan baik secara bertahap, hingga siap untuk mengolah makanan padat selanjutnya.

Jika puasa yang anda jalankan benar maka dua keuntungan sekaligus anda dapatkan. Mendekatkan diri kepada allah plus badan yang sehat ya kan?

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category