Health

Ide Menu Buka Puasa dan Sahur yang Praktis, Cocok untuk yang Malas Masak!

By Erwin |

Bulan Ramadhan telah tiba! Bagaimana puasa anda sejauh ini? Pastikan untuk selalu mengkonsumsi asupan yang cukup dan sehat ketika berbuka dan sahur. Untuk anda yang seringkali kehabisan ide menu buka puasa dan sahur, di bawah ini ada beberapa referensi menu buka puasa dan sahur yang praktis. Tak masalah jika anda malas masak, karena menu-menu berikut ini mudah dibuat.

1. Sup Jamur Telur Kocok

Salah satu menu buka puasa dan sahur yang praktis adalah sup jamur telur kocok. Tak hanya praktis dibuat, menu ini juga tentunya menyehatkan, apalagi ada telur yaitu sebagai protein hewani. Apa saja bahan-bahannya? Siapkan telur, kaldu ayam, tepung jagung, ½ sendok teh jahe parut, kecap, daun bawang hijau, lada putih, serta jamur enoki ataupun jamur shirataki. 

2. Omelette Sayur 

Telur memang hampir selalu jadi andalan ketika malas masak, bukan? Kali ini anda bisa coba omelette sayur. Ini adalah menu buka puasa simple yang bahannya dari telur, dan sayur, bisa juga ditambah daging misalnya bakso ikan atau ayam. Sajikan dengan bumbu sesuai selera supaya semakin enak disantap.

3. Mie Goreng Sosis Bakso

Menu selanjutnya ini bisa dipakai sebagai ide menu buka puasa maupun menu untuk sahur. Anda memerlukan sebungkus mie telur keriting, sebutir telur, sosis, bakso, sawi, bawang putih, bawang merah, kecap manis, saus tiram, kecap ikan, kecap asin, kaldu jamur, garam, dan merica. 

Rebus mie nya dahulu hingga matang. Masukkan mie ke mangkok, campurkan kecap manis serta sedikit minyak, aduk rata lalu sisihkan. Lanjut orak arik telur, sosis, serta bakso, tumis juga bumbu halus, masukkan bumbunya, masak sampai beraroma, tambahkan sedikit air. Lalu masukkan mie dan juga sawit, aduk rata, jika sudah matang kemudian angkat lalu sajikan.

4. Tumis Tahu Tempe

Ingin masak simple untuk menu buka puasa hari ini? Tumis tahu tempe adalah ide menu yang tak boleh dilewatkan. Menu makanan ini membutuhkan bahan-bahan utama seperti tahu, tempe, lengkuas, dan lain-lain. Bumbu yang diperlukan adalah garam, gula, kecap manis, kaldu bubuk. 

5. Tumis Sosis

Penasaran bagaimana cara membuat menu sederhana ini? Pertama-tama, panaskan dahulu mentega, tumislah bawang bombay. Tambahkan sayur kemudian tumis lagi, tuangkan air kemudian masak sampai sayur empuk. Tambahkan sosis, aduk, lalu biarkan lunak, bumbui garam, cabai, lada, saus tomat, dan kecap. Aduk, masak hingga airnya menyusut. Tambah irisan seledri, angkat, lalu sajikan dengan nasi. 

Mudah, bukan, resep menu-menu di atas? Makan dan minumlah secukupnya dan tidak berlebihan, serta jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum anda berbuka maupun sahur. Terima kasih telah menyimak ide-ide menu buka puasa dan sahur yang praktis, semoga terbantu!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category