Health

Harus Coba! Ini Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Segar dan Sederhana

By Erwin |

Ketika bulan Ramadhan telah tiba, momen berbuka puasa merupakan salah satu hal yang tentu sangat dinantikan, bukan? Setelah seharian melaksanakan puasa, pasti bersyukur sekali bisa berbuka puasa bersama keluarga dengan nikmat.

Berbicara tentang buka puasa, pernahkah anda sering merasa bingung kira-kira akan berbuka dengan menu apa hari ini? Jangan khawatir, berikut ini ada sedikit rekomendasi menu buka puasa yang segar dan sederhana untuk anda!

1. Es Timun Jeruk Nipis

Ide menu ini bisa anda jadikan salah satu menu buka puasa rumahan yang praktis dan enak, lho. Bahan-bahan yang anda perlukan tidak sulit, yaitu hanya siapkan 3 timun jepang, ½ melon, gula pasir, air, air perasan 3 jeruk nipis, 2 sendok teh kulit dari jeruk nipis, daun mint, 2 jeruk nipis, dan es batu secukupnya. Perpaduan dari timun dan jeruk nipis ini begitu menyegarkan.

2. Rolade Tahu Telur

Menu buka puasa yang segar dan sederhana selanjutnya adalah rolade tahu telur. Tak perlu waktu berjam-jam, hidangan ini praktis sekali untuk dibuat. Anda hanya butuh bahan-bahan berupa tahu kuning, telur, putih telur, wortel, daun seledri, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan saus sambal. Anda bisa menyesuaikan bahan-bahan sesuai kebutuhan. 

3. Sate Telur Gulung

Butuh menu buka puasa sederhana? Anda bisa coba buat sate telur gulung ini. Sesuai namanya, menu ini bahan utamanya adalah dari telur. Bahan-bahan untuk membuatnya adalah 2 buah telur, 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan air matang 50 ml), kaldu bubuk, garam, lada bubuk, dan tusuk sate. 

Cara buatnya mudah! Kocok dahulu telurnya sampai rata, tambahkan garam, lada, serta kaldu bubuk secukupnya sesuai selera. Kemudian campurkan dengan larutan tepung maizenanya, panaskan minyak lalu tuangkan 1 sdm adonan tadi ke wajan. Gulung-gulung dengan tusuk sate, lanjutkan terus sampai adonan habis. Jika sudah selesai, anda dapat menyajikannya bersama saus.

4. Silky Puding

Kali ini ada menu buka puasa berupa puding yang segar dan sederhana. Untuk resep menu buka puasa Silky Puding, siapkan sebungkus bubuk agar-agar yang rasa atau plain sesuai selera anda. Siapkan juga sekitar 1100 ml susu cair ataupun 500 ml susu UHT, 3 sendok makan gula pasir, dan 2 sendok makan tepung maizena. Bisa juga tambahkan bubuk perasa minuman jika diinginkan (opsional).

5. Salad Buah Simple 

Pada menu ini, anda sebaiknya menggunakan buah-buahan yang berkualitas sebagai bahannya. Rekomendasi bahan buahnya yaitu bisa buah pir, apel fuji, stroberi, dan buah nanas. Untuk bahan sausnya bisa pakai mayonaise dan susu kental manis putih. Kemudian untuk toppingnya yaitu keju cheddar parut. 

Itulah sejumlah rekomendasi menu buka puasa yang segar dan sederhana, mulai dari es timun jeruk nipis, hingga salad buah yang simple. Dari 5 menu di atas, kira-kira anda tertarik dengan menu yang mana untuk buka puasa nanti?

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category