Health

Tanpa Perlu Keluar Rumah, Begini 8 Cara Membakar Kalori!

By Erwin |

Kalori yang masuk sehari-hari memang dibutuhkan sebagai energi untuk menjalani aktivitas. Namun, jika kalorinya berlebih tentu akan berujung pada masalah kesehatan seperti kegemukan. Untuk mencegahnya, anda harus tahu cara membakar kalori yang efektif.

Cara-cara tersebut bahkan dapat dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Lalu, apa sajakah cara-caranya?

Cara Efektif dan Mudah Membakar Kalori

1. Berjalan kaki

Tahukah anda jika kita setidaknya harus berjalan sebanyak 10.000 langkah per hari? Berjalan kaki ternyata memberikan banyak manfaat yang amat menyehatkan untuk masa tua nanti.

Berjalan kaki selama 30 menit sudah membakar lebih sekitar 200 kalori. Dan lebih efektif lagi jika anda rutin melakukannya minimal seminggu tiga kali.

Tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, berjalan kaki juga bisa mengurangi rasa stress, sampai menurunkan kolesterol.

2. Naik turun tangga

Jika anda menemukan tangga, gunakanlah tangga tersebut dibandingkan menaiki eskalator atau lift. Kalori bisa terbakar secara efektif hanya dengan naik turun tangga.

Aktivitas ini memang melelahkan di awal, namun dapat terasa manfaatnya setelah terbiasa apalagi jika melakukannya secara cepat.

3. Memasak

Anda termasuk orang yang senang memasak? Kabar bagusnya, kegiatan satu ini dapat membakar kalori sebesar 75-111 kalori dengan 30 menit waktu memasak.

Tanpa disadari, aktivitas tersebut membuat anda melakukan banyak gerak seperti memotong, berdiri, berjalan, atau mengangkat barang dan bahan makanan.

Tak sampai di situ, kegiatan cuci piring setelahnya pun dapat membakar kalori anda.

4. Berdiri

Hampir sehari-hari sebagian orang akan duduk dalam waktu cukup lama, aktivitas tersebut justru mampu meningkatkan risiko obesitas.

Cara pencegahannya dapat dilakukan dengan menyempatkan berdiri sejenak tiap jamnya, diikuti dengan peregangan.

Penelitian menunjukkan bahwa berdiri cukup membakar kalori sebanyak 50%.

5. Membersihkan rumah

Siapa sangka, membersihkan rumah justru bagus untuk membakar kalori. Selain membuat rumah lebih bersih, kalori tubuh yang terbuang setiap 30 menitnya bisa mencapai 150-222 kalori.

6. Berbelanja

Aktivitas yang memicu produksi hormon dopamin ini juga dapat dijadikan olahraga ringan yang membakar kalori.

Mendorong sebuah kereta belanja selama satu jam sudah membakar sebesar 243 kalori.

7. Berolahraga

Cara terakhir yang efektif dalam membakar kalori adalah berolahraga secara rutin, setidaknya selama 30 menit. Anda dapat memilih olahraga dengan intensitas ringan hingga berat.

Meski hanya olahraga kecil seperti berdiri, berjalan kaki, atau jogging asalkan dilakukan secara konsisten sangat ampuh membakar kalori dan menjaga kesehatan tubuh.

Ternyata cara membakar kalori dapat dilakukan dengan kegiatan menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari. Walau cara-cara tersebut sederhana, namun sempatkanlah untuk berolahraga setiap minggunya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda menemukan kegiatan ringan yang efektif membakar kalori.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category