Health

Ini Dia 9 Makanan yang Mengandung Zat Besi

By Erwin |

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Seseorang yang mengalami kekurangan zat besi beresiko mengalami kelelahan, anemia, dan gangguan kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan harian nutrisi ini.

1. Hati

Hati, terutama hati sapi, adalah salah satu sumber zat besi terbaik. Zat besi dari hati lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi yang ditemukan dalam tumbuhan. Selain zat besi, hati juga mengandung vitamin A, vitamin B12, dan folat yang penting untuk kesehatan.

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing adalah sumber zat besi yang sangat baik dari hewan. Konsumsi daging merah dalam jumlah moderat dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, terutama bagi orang yang rentan terhadap anemia.

3. Unggas

Selain daging merah, daging ayam dan kalkun juga mengandung zat besi. Namun jumlahnya lebih rendah dibandingkan dengan daging merah. Bagian gelap dari unggas seperti paha mengandung lebih banyak zat besi daripada bagian putih seperti dada.

4. Seafood

Beberapa jenis seafood, seperti kerang, tiram, dan ikan, juga menjadi sumber zat besi. Seafood yang paling banyak mengandung zat besi adalah kerang dan tiram. Selain itu, makanan ini juga menyediakan seng serta vitamin B12.

5. Bayam

Jika Anda mencari sayuran hijau yang kaya zat besi, maka pilihlah sayuran hijau yang satu ini. Selain tinggi zat besi, bayam juga kaya vitamin C yang berperan penting untuk membantu proses penyerapan zat besi. Dalam segelas bayam matang atau sekitar 100 gram mengandung sekitar 3 mg zat besi.

6. Kacang-kacangan dan Legum

Kacang-kacangan seperti lentil, kacang merah, dan buncis juga dapat menjadi pilihan untuk makanan yang kaya zat besi. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga merupakan sumber zat besi yang baik. Bahan makanan ini juga kaya akan serat, protein, dan berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

7. Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji labu, biji wijen, dan biji rami termasuk makanan yang mengandung zat besi tinggi. Bahan-bahan tersebut dapat ditambahkan ke dalam makanan sebagai menu yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan asupan zat besi.

8. Tahu dan Tempe

Kedua produk kedelai ini merupakan sumber zat besi yang baik, terutama bagi mereka yang menjalani diet vegetarian atau vegan. Selain zat besi, tahu dan tempe juga kaya akan protein, kalsium, dan berbagai nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan.

9. Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung kadar zat besi yang tinggi dan juga kaya akan antioksidan. Konsumsi dark chocolate dalam jumlah moderat dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan selain memenuhi kebutuhan zat besi.

Demikian beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi. Dengan memasukkan berbagai makanan yang kaya akan zat besi dalam diet harian, Anda dapat membantu memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup zat besi untuk mendukung fungsi optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category