Health

Kenali Kegunaan Vitamin D untuk Apa

By Natural Farm |

Sebelum masuk pada pembahasan vitamin d untuk apa, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu vitamin D.

Apa itu vitamin D? Vitamin D sering kali disandingkan dengan sinar matahari pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski benar, namun ternyata bukan hanya itu. Vitamin D adalah nutrisi sangat penting bagi kesehatan tubuh, dengan mengkonsumsi vitamin D dapat memelihara kekuatan tubuh, yakni tulang dan gigi, meningkatkan imun kekebalan tubuh, dapat mencegah kanker, dan dapat juga mencegah depresi.

Biasanya orang yang kekurangan vitamin D dapat dilihat dari tubuhnya yang tampak lemah atau kurang fit, raut wajah yang tidak bersemangat, dan mudah merasakan sakit atau ngilu pada badan dan tulang-tulang dalam tubuh. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh kita, amat perlu kita perhatikan pentingnya vitamin D ini untuk dikonsumsi. Kenali dan konsumsilah vitamin D sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan.

Diketahui vitamin D ini ada 2 jenis, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 dan vitamin D3 berasal dari sumber yang berbeda. Perbedaan antara kedua jenis vitamin tersebut dapat diketahui, yaitu Vitamin D2 dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi tumbuhan berupa mengkonsumsi jamur yang terkena sinar Ultra Violet, susu kedelai dan lain-lain. Sedangkan vitamin D3 dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya dari hewani berupa ikan laut, kuning telur, dan juga dapat kita peroleh dari berjemur dibawah sinar matahari pagi. Dengan dua jenis vitamin D tersebut perbedaanya yaitu berasal dari sumber berbeda (tumbuhan dan hewan, juga sinar matahari) dan diketahui vitamin D3 lebih efektif meningkatkan kadar vitamin D.

Bagi masyarakat dewasa sekarang terkadang persoalan vitamin ini bukanlah suatu hal yang serius, hal ini dapat kita lihat dari bagaimana mereka mengkonsumsi makanan dan juga pola agar sehat, kebanyakan dari masyarakat sekarang yang mengkonsumsi makanan yang siap saji tanpa memperhatikan secara serius persoalan vitamin ini, meski tau dan sadar bahwa vitamin yang baik akan menunjang kesehatan dan kekebalan tubuh yang berkelamaan.

Manfaat vitamin D

1. Memelihara kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi

Pasalnya vitamin D sangat berperan penting bagi kesehatan, pertumbuhan, dan kekuatan pada tulang dan gigi, dengan mengkonsumsi vitamin D secara baik akan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi kita walaupun sudah kiranya berumur, tidak mudah lelah dan sakit, dan gigi pun tidak mudah rapuh.

2. Meningkatkan kekebalan pada tubuh

Vitamin D ini juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, penyaluran darah secara optimal serta meningkatkan daya kerja sistem imun, otot dan syaraf.

3. Mencegah penyakit kanker

Dengan mengkonsumsi vitamin D yang kandungannya karsinogenik akan menghambat pertumbuhan dari sel kanker, mencegah dan mematikan keberadaan sel kanker tersebut.

4. Dapat mengatasi depresi

Sebagaimana kita ketahui depresi berawal dari pikiran yang berlebihan, dan gejala pikiran yang berlebihan tersebut tidak jauh dari persoalan baiknya pola dan kandungan pada makanan. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D ini juga dapat mengurangi depresi. Dengan memperhatikan bahwa hal,  vitamin ini sangatlah penting fungsinya. Semakin baik kita mengonsumsi makanan semakin baik pula kesehatan kita, dan tentunya segala organ yang berproses dalam tubuh bekerja secara optimal sehingga berpengaruh baik pula pada pola pikir kita.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category