Health

Olahraga Dulu atau Makan Dulu? Ini Dia Penjelasannya

By Erwin |

Olahraga dulu atau makan dulu? Pertanyaan ini sering muncul di benak setiap orang yang ingin berolahraga. Disini, Anda akan menemukan jawabannya!

Mana Yang Lebih Baik?

Sebenarnya, tidak ada aturan yang menyebutkan mana yang lebih baik, makan sebelum atau sesudah olahraga. Namun, banyak orang yang merasa lebih nyaman makan setelah olahraga. Mereka merasa makan sebelum olahraga membuat perut terasa penuh yang membuat sulit bergerak saat olahraga.

Sebenarnya, Anda juga bisa makan sebelum olahraga. Namun, untuk lebih aman dan nyamannya, pilih makanan berbentuk cair. Misalnya, Anda minum jus atau sup.

Tetapi, bila Anda ingin makan seperti biasa, pastikan ada waktu sekitar 3-4 jam sebelum olahraga. Dan, pilih juga makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi, tetapi rendah lemak. Anda mungkin butuh makan dahulu, bila olahraga yang ingin Anda lakukan memiliki intensitas tinggi.

Makan Setelah Olahraga

Makan setelah olahraga mungkin bisa dibilang pilihan terbaik. Anda merasa nyaman dan tidak perlu khawatir saat menikmati makanan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih waktu setelah olahraga dan jenis makanan.

Untuk waktu terbaik mengisi perut setelah olahraga, berikan jarak sekitar 30-60 menit setelah olahraga. Sedangkan untuk jenis makanannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti:

  • Kandungan karbohidrat yang cukup untuk menggantikan glikogen (simpanan glukosa) yang dipakai selama olahraga,
  • Rendah lemak agar penyerapan zat yang dibutuhkan tubuh untuk pulih lebih efektif,
  • Protein tinggi juga disarankan karena dibutuhkan sebagai bahan pembangun otot,
  • Jangan lupa Vitamin, karena sangat dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme.

Yang jelas, olahraga dulu atau makan dulu dipengaruhi oleh bagaimana Anda merasa nyaman dengannya. Makan dahulu atau olahraga dulu lalu makan tidak ada masalah, asal dilakukan dengan benar.

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Waktu Makan

Jenis olahraga perlu diperhatikan, karena olahraga dengan intensitas tinggi membutuhkan banyak tenaga. Jadi, makan sebelum olahraga sangat penting untuk olahraga jenis ini.

Selain itu, tujuan Anda berolahraga juga penting. Bila Anda ingin mengurangi berat badan, maka lebih baik tidak makan sebelum olahraga. Dengan begitu, maka tubuh Anda akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, yang mendukung usaha pengurangan berat badan Anda.

Kondisi tubuh Anda juga sangat penting untuk diperhatikan. Bila Anda memiliki kondisi tubuh tertentu, misalnya gula darah rendah atau lainnya, mungkin perlu makan dulu agar memiliki tenaga saat olahraga. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan jawaban terbaik untuk masalah ini.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang olahraga dulu atau makan dulu. Kita harap, Anda dapat memilih waktu terbaik dan berolahraga dengan nyaman dan aman. Yang penting adalah Anda melakukannya secara sehat untuk mendapat hasil yang sehat pula.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category