Health

Apa Faktor Penyebab Gampang Pilek? Cek Juga Cara Mengatasinya!

By khansa |

Penyakit pilek bisa dialami seluruh orang, mulai dari balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan lansia (orang lanjut usia). Penyebab gampang pilek cukup beragam tergantung sumber virus dan bakterinya. Pilek merupakan gangguan kesehatan pernapasan di mana hidung tersumbat dan sedikit lebih berair. Penyebab paling umum pilek biasanya karena flu. Akan tetapi, selain karena flu ternyata cukup beragam penyebab kenapa manusia gampang pilek.

Penyebab Gampang Pilek

Virus yang paling sering menyebabkan pilek adalah virus rhinovirus. Jenis virus ini akan menyerang saluran pernapasan sehingga terjadi serangan asma. Dalam beberapa kasus, serangan virus rhinovirus bisa menginfeksi sinus dan telinga. Jenis virus lainnya yang menyebabkan pilek di antaranya adenovirus, coronavirus, metapneumovirus, parainfluenza virus dan syncytial virus.

Virus-virus tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk menginfeksi sistem pernapasan dan munculnya gejala. Kenali apa saja penyebab gampang pilek untuk mengetahui bagaimana cara menghindari dan mengobatinya.

1. Gangguan Sistem Imunitas

Virus penyebab pilek lebih cepat menyerang sistem imunitas tubuh. Karenanya bila seseorang memiliki sistem imunitas tubuh rendah akan lebih rentan dan cepat terkena penyakit pilek.

2. Riwayat Alergi

Apakah Anda memiliki riwayat alergi zat alergen tertentu? Umumnya orang yang memiliki riwayat alergi tertentu lebih mudah terpicu bila terpapar alergennya, misalnya bulu binatang, debu atau rasa dingin.

3. Kondisi Udara Kurang Sehat

Melanjutkan pembahasan di atas, perubahan cuaca cukup ekstrem lebih gampang memicu pilek. Baik itu udara yang terlalu kering maupun terlalu dingin lebih rentan mengganggu keseimbangan cairan di dalam saluran pernapasan. Kondisi seperti ini yang menyebabkan sistem saraf di dalam saluran pernapasan mengeluarkan cairan. Cairan tersebut dikenal dengan sebutan ingus.

4. Konsumsi Makanan Pedas

Penyebab lainnya kenapa Anda lebih mudah ingusan adalah ketika Anda mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, bubuk cabai, lada hitam ataupun bawang.

5. Gangguan Hormon

Apabila Anda sedang mengalami gangguan hormon, biasanya lebih gampang terkena penyakit pilek. Kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang membuat tubuh lebih cepat terserang virus dan bakteri.

6. Konsumsi Obat Tertentu

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, bisa jadi obat tersebut menjadi pemicu pilek. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai gejala dan dampak yang timbul bila mengonsumsi obat tersebut.

Baca juga: 6 Rekomendasi Suplemen Kesehatan untuk Imunitas Tubuh

Cara Mengatasi dan Mencegah Pilek

Setelah mengetahui virus apa saja yang menyebabkan pilek dan faktor penyebab pilek lainnya. Kini cari tahu bagaimana tindakan preventif untuk mengatasi atau menghindari penyakit pilek tersebut.

1. Berkumur dengan Air Bersih

Untuk orang dewasa, berkumur menggunakan air bersih cukup efektif untuk mengurangi gejala batuk dan pilek serta terinfeksi virus penyebab batuk dan pilek.

2. Konsumsi Makanan Bersifat Basa

Makanan bersifat basa seperti buah dan sayur membantu menekan proses berkembang biak virus di dalam tubuh. Walaupun pertumbuhan virus terhambat, tapi sistem daya tahan tubuh masih dapat terus bekerja sekalipun pH di dalam tubuh bersifat basa. Bila Anda sedang diet, seimbangkan konsumsi makanan bersifat asam seperti daging dan telur dengan makanan bersifat basa tersebut.

3. Konsumsi Suplemen Multivitamin

Cara mengatasi batuk dan pilek yang terakhir yakni dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dan D serta zinc di dalam tubuh. Ketiga nutrisi tersebut yang dibutuhkan untuk memproteksi diri sekaligus mengobati batuk dan pilek.

Vitamin C membantu menurunkan risiko batuk dan pilek. Sementara vitamin D meningkatkan sistem imunitas tubuh dan melawan patogen yang membawa penyakit tersebut. Adapun kandungan zinc yang akan menurunkan tingkat keparahan pilek dan batuk.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Menjaga Tubuh dari Pilek dan Batuk

Agar terhindar dari penyakit pilek dan batuk khususnya di musim hujan, sebaiknya cukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian di dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen-suplemen berikut ini.

1. Natural Factors - High Potency Multivitamin

Natural Factors - High Potency Multivitamin telah melalui formulasi khusus yang mengandung vitamin dan mineral lengkap. Kandungan vitamin C sebesar 200 mg, vitamin D 400 IU, beta-carotene 10.000 IU, vitamin B kompleks & E serta asam folat dan mineral lainnya.

2. KAL C 1000 Mg Buffered

KAL C 1000 Mg Buffered memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yakni 1000 mg. Vitamin C di dalam suplemen ini bersifat buffered sehingga ramah bagi penderita maag.

3. Nutriwell Tri Zinc + Vit B6

Nutriwell Tri Zinc + Vit B6 merupakan suplemen yang terbuat dari nutrisi lengkap kombinasi dari vitamin B6 dan zinc. Kandungan zinc-nya sendiri cukup lengkap mulai dari zinc amino acid chelate, zinc citrate dihydrate dan zinc picolinate.

4. Nutriwell My Boost

Nutriwel My Boost adalah produk suplemen multivitamin dari Kanada. Di dalam suplemen ini mengandung beta-carotene, echinacea, vitamin B5, B6, C, D3 dan vitamin E serta mineral zinc.

5. Nutriwell Vitamin C 300 Mg Buffered

Nutriwell Vitamin C 300 Mg Buffered termasuk suplemen multivitamin yang ramah bagi penderita lambung karena terdapat kandungan bioflavonoid. Selain itu, vitamin yang bersifat buffered ini membantu menyeimbangkan tingkat pH di dalam tubuh.

6. Nutriwell Vitamin D3 1000 IU

Nutriwell Vitamin D3 1000 IU memiliki kandungan vitamin D yang bersifat aktif sehingga lebih mudah terserap di dalam tubuh. Dengan begitu kandungan baik di dalam vitamin D tersebut akan cepat meresap dan menyehatkan tulang, gigi hingga sistem daya tahan tubuh.

7. Nutriwell Vitacom Formula

Nutriwell Vitacom Formula diklaim mengandung multivitamin dan mineral lengkap. Diproses melalui formulasi khusus yang terdiri dari vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, magnesium, mineral, zinc, dan zat besi.

8. Nuvita Nutri C 1000 Mg

Nuvita Nutri C 1000 Mg mengandung vitamin C bersifat non acidic. Suplemen ini melalui proses formulasi khusus dengan mengombinasikan vitamin C dengan kalsium dan asam askorbat. Khasiatnya selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh.

9. Nuvita Multi

Nuvita Multi diproduksi dengan formula khusus yang mengombinasikan 12 jenis vitamin dan mineral esensial untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian di dalam tubuh.

10. Nuvita D3 2500 IU

Nuvita D3 2500 IU memiliki kandungan vitamin D aktif yang cepat terserap di dalam tubuh. Khasiatnya selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh juga mencukupi kebutuhan vitamin D yang tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh.

Itulah faktor penyebab gampang pilek dan cara mengatasinya agar pilek dan batuk tersebut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral di dalam tubuh juga membantu melindungi tubuh dari paparan penyakit lainnya.

Temukan produk suplemen multivitamin yang aman dan terjamin khasiatnya di website Natural Farm. Yuk, jaga kesehatan selagi masih muda!

 

Reference:

https://www.halodoc.com/artikel/6-hal-yang-membuat-tubuh-rentan-terserang-pilek?srsltid=AfmBOopw0PzAWu3-XljSV4BJQQ6KKhq4gbeeq-6PJDol8WN-7EDdXnzZ

https://www.halodoc.com/kesehatan/pilek?srsltid=AfmBOoquv8303CvCqXCGQEsB_qEy7NzJoJTFA5v9devwitpJ2xoTglAu

https://www.alodokter.com/pilek-menahun-bisa-saja-menjadi-tanda-3-penyakit-ini

https://www.redoxon.co.id/solusi-untuk-daya-tahan-tubuh/ketahui-penyebab-sering-batuk-pilek-pada-orang-dewasa-dan-cara-mengatasinya/

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/20/111517820/7-alasan-mengapa-tubuh-mudah-terserang-flu-salah-satunya-merokok?page=all#google_vignette

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category